Sabtu, 14 April 2012

5 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Saat ini, ada lebih dari 1,6 miliar Muslim di dunia atau sekitar 23% dari total populasi penduduk dunia. Mereka tersebar di hampir seluruh negara di dunia. Dan hampir di setiap negara, terdapat beberapa orang Muslim yang memiliki pengaruh besar dalam membangun negaranya atau mengembangkan wacana Islam di sana. Karenanya, sejak tahun 2009 lalu, The Royal Islamic Strategic Studies Center-Jordan (Pusat Studi Strategis Islam Kerajaan  di Yordania) berkomitmen memilih “500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia” dan merilisnya dalam sebuah buku yang bersi PDF-nya bisa diunduh di situs resminya di www.themuslim500.com. setiap tahunnya untuk Pengaruh adalah: setiap orang yang memiliki kekuasaan (baik itu budaya, ideologi, keuangan, politik atau lainnya) untuk membuat perubahan yang akan memiliki dampak yang signifikan terhadap Dunia Muslim.
Tahun 2011 ini, lembaga dari Yordania itu kembali memilih dan mempublikasikan “500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia”. Berikut ini Redaksi Mizan.com hadirkan “5 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia”.
Raja Abdullah Bin 'Abd Al' Aziz Al Saud (Raja  Arab Saudi). Posisinya sebagai Raja Arab Saudi dan ‘Tuan Rumah’ di dua kota dan dua masjid Suci di Makkah dan Madinah membuatnya menjadi tokoh Muslim yang paling berpengaruh di dunia. Setiap tahun sekitar 4 juta orang datang berhaji dan berziarah ke sana. Posisinya sebagai raja di salah satu negara pengekspor minyak terbesar dunia menjadikan posisinya sangat penting dan berpengaruh dalam industry minyak global dan bahkan perekonomian dunia.

Raja Mohammed VI (Raja Maroko). Raja Maroko ini dipuji karena kebijakan domestiknya dalam reformasi di Maroko sekaligus perintis upaya modernisasi Maroko. Peran pentingnya dalam melawan aksi terorisme juga menjadi poin penting Raja Mohammed VI hingga dinobatkan sebagai salah satu dari 5 Muslim paling berpengaruh di dunia.

Recep Tayyip Erdogan (Perdana Menteri Republik Turki). Erdogan merupakan sosok paling berpengaruh di Turki. Di era multipartai saat ini, ia tercatat mengamankan 50 % suara rakyat Turki, sehingga ia dinilai sebagai Perdana Menteri paling sukses di era multipartai saat ini. Posisinya sebagai Perdana Menteri dari salah satu negara mayoritas Muslim paling padat penduduk di dunia menjadikan posisi dan pengaruhnya menjadi sangat penting dan besar di dunia, khususnya di dunia Islam dan relasinya dengan Barat. Di bawah kepemimpinannya, Turki menjadi salah satu negara yang mapan dan kuat secara ekonomi di dunia. Ia juga membawa Turki memiliki peranan penting dalam konstelasi politik global. Karenanya, ia pun dinobatkan menjadi salah satu dari 5 Muslim paling berpengaruh di dunia.

Raja Abdullah II Bin Al Hussein (Raja Kerajaan Yordania). Sebagai keturunan  Hashemit, posisi Raja Yordania ini menjadi sangat penting dan berpengaruh, baik dalam internal Yordania maupun konteks global. Dia dianggap berperan dan berjasa besar dalam memperjuangkan kebebasan pers dan kebijakan diplomasi internasional. Dia juga terkenal karena perannya dalam mengembangkan ekonomi pasar bebas, seni dan budaya serta mengatasi masalah tunawisma dan kemiskinan selama pemerintahannya sebagai Raja Yordania. Karenanya, ia dinobatkan mendampingi 4 Muslim paling berpengaruh di dunia lainnya.

Ayatullah Sayyid Ali Khamenei (Pemimpin Tertinggi Republik Islam Iran). Dia merupakan pengganti Imam Khomaeni (penggagas Revolusi Islam Iran 1979 dan pendiri Republik Islam Iran) sebagai Pemimpin Spiritual di Iran. Dia dinilai berperan penting dalam mensukseskan Revolusi Islam Iran di bawah komando Imam Khomaeni. Seiring dengan terus menguatkan daya tawar politik Iran dalam percaturan politik global, posisinya sebagai pimpinan tertinggi di Negeri Mullah dinilai menjadi sangat penting dan berpengaruh dalam konstelasi politik internasional. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar